Detail

Tatap Muka Dengan Guru PAUD se-Kota Manado, Walikota Vicky Lumentut : Mari Tanamkan Cinta Kebersihan dan Kejujuran, Kepada Anak Sejak Dini

Tatap Muka Dengan Guru PAUD se-Kota Manado, Walikota Vicky Lumentut : Mari Tanamkan Cinta Kebersihan dan Kejujuran, Kepada Anak Sejak Dini

WALIKOTA Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mengajak guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar sejak kecil anak harus diajarkan agar mencintai kebersihan serta kejujuran yakni dengan tidak mengambil barang milik orang lain. Hal itu dikatakan orang nomor satu di Manado, saat berlangsung tatap muka dengan ratusan guru PAUD se-Kota Manado, di ruang Serbaguna Kantor Walikota, Selasa (27/11) pagi hingga siang tadi.

Menurutnya, anak ibarat kertas putih yang bersih belum terdapat coretan. Sehingga, seorang guru PAUD dapat mengisi kertas putih itu dengan hal-hal yang baik untuk menghasilkan sesuatu yang baik di masa yang akan datang.

“Anak seperti lembar putih yang belum diisi apa-apa, para guru PAUD punya bagian yang besar untuk mengisi apa yang baik di lembaran itu. Jangan sampai menghasilkan lembaran yang gelap, karena anak-anak tersebut berada diusia yang sangat menentukan kedepan, ini pekerjaan yang berat tapi sangat mulia,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, mendengarkan langsung berbagai keluhan dan ‘uneg-uneg’ dari para guru PAUD baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga kontrak atau honorer. Sebagian besar keluhan yang disampaikan para guru terkait sertifikasi dan peningkatan kesejahteraan. Apalagi, tugas para guru PAUD sangat berat dalam mempersiapkan generasi emas Kota Manado.

Menjawab keluhan para pendidik itu, Walikota Vicky Lumentut berjanji akan mencarikan solusi terbaik melalui Dinas Pendidikan Kota Manado. Bahkan, dirinya meminta mereka untuk memasukan data diri mulai dari nama, alamat, lamanya bekerja, status dan sebagainya. “Pemerintah Kota Manado akan melakukan kajian terhadap kemampuan keuangan kita, karena kami akan memberikan perhatian khusus bagi guru-guru PAUD. Oleh karena itu, silahkan masukan data by name by address, menjadi guru sudah berapa lama,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Berdasarkan laporan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Drs Daglan Walangitan, tenaga guru PAUD yang tersebar di 294 sekolah berjumlah 742 guru terdiri dari 200 guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan 542 guru non PNS. Dari 294 sekolah PAUD tersebut terdiri dari 222 Taman Kanak-kanak (TK) , 60 Kelompok Bermain, 5 Taman Penitipan Anak serta satuan PAUD sejenis 7 lembaga.(bag.pemhum)

 
Top