Tugas Dan Fungsi

Rancangan Tugas Pokok dan Fungsi Bagian Pemerintahan Umum dan Humas

Bagian Pemerintahan Umum dan Humas mempunyai 3 (tiga) Sub Bagian yaitu :

  • Subbagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah
  • Subbagian Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga
  • Subbagian Humas

Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Bagian dan Subbagian

  • Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Humas mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Sekretaris Daerah yang dilimpahkan kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dalam merencanakan pengembangan Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, fasilitasi Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga serta pelayanan Kehumasan
  • Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Humas mempunyai fungsi :
    • Penyusunan bahan rumusan kebijakan pemerintah daerah lingkup tata pemerintahan  dan otonomi daerah, kerjasama dan hubungan antar lembaga serta humas;
    • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah, kerjasama dan hubungan antar lembaga serta humas;
    • Pelaksanaan bina tata pemerintahan dan otonomi daerah, kerjasama dan hubungan antar lembaga serta humas;
      Pelaksanaan konsultasi, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas tata pemerintahan dan otonomi daerah, kerjasama dan hubungan antar lembaga serta humas;
    • Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tata pemerintahan dan otonomi daerah, kerjasama dan hubungan antar lembaga serta humas;
    • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan lingkup tugasnya.

 

  • Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Humas lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah.
  • Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah mempunyai  fungsi:
    • penyusunan program dan rencana kerja lingkup Sub Bagian;
    • penyiapan pedoman dan petunjuk teknis lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah;
    • penyiapan bahan perumusan kebijakan pemerintah daerah lingkup pemerintahan tata dan otonomi daerah;
    • penyiapan bahan pedoman pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah;
    • pelaksanaan asistensi dan konsultasi lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah;
    • pengkoordinasian penyelenggaraan tata pemerintahan dan otonomi daerah yang meliputi pelaksanaan evaluasi potensi dan monitoring
    • pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, penataan batas wilayah Kota Manado, Kecamatan dan Kelurahan, penyiapan bahan koordinasi dengan instansi vertikal, fasilitasi pergantian antar waktu anggota DPRD, fasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, fasilitasi musyawarah pimpinan daerah;
    • koordinasi dan konsultasi dalam rangka pelaksanaan bina kecamatan;
    • pengkoordinasian bina pemerintahan kecamatan yang meliputi fasilitasi pembinaan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, dan penyelenggaraan urusan pemerintah daerah yang dilimpahkan Walikota kepada Camat;
    • pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;
      evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas lingkup tata pemerintahan dan otonomi daerah; dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan 

 

  • Subbagian Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum dan Humas dalam lingkup kerjasama dan hubungan antar lembaga.
  • Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Sub Bagian Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga mempunyai  fungsi:
    • penyusunan program dan rencana kerja lingkup Sub Bagian;
    • penyiapan pedoman dan petunjuk teknis lingkup kerjasama dan hubungan antar lembaga;
    • pengumpulan dan penganalisaan data bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah dalam lingkup Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga;
    • pelaksanaan fasilitasi dalam rangka pembentukan dan keikutsertaan dalam asosiasi daerah/badan kerjasama daerah;
    • pelaksanaan fasilitasi kerjasama antar Kabupaten/Kota dan pihak ketiga;
    • pelaporan pelaksanaan kerjasama antar Kabupaten/Kota kepada Provinsi;
    • pelaksanaan koordinasi dan konsultasi lingkup kerjasama dan hubungan antar lembaga;
    • koordinasi lingkup kerjasama dan hubungan antar lembaga yang meliputi fasilitasi pengembangan hubungan kerjasama sister city, fasilitasi kerjasama antar daerah fasilitasi kerjasama antar daerah dengan pemerintah baik didalam maupun diluar negeri;
    • pengkoordinasian penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah;
    • pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;
    • evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas lingkup kerjasama dan hubungan antar lembaga;
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan. 
  • Kepala Sub Bagian Humas mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Humas lingkup humas.
  • Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Sub Bagian Humas mempunyai  fungsi:
    • penyusunan program dan rencana kerja lingkup Sub Bagian;
    • penyiapan pedoman dan petunjuk teknis lingkup humas;
    • penyusunan perumusan kebijakan teknis dibidang pemberitaan dan kehumasan Pemerintah Daerah;
    • pelaksanaan pengelolaan administrasi pemberitaan dan kehumasan Pemerintah Daerah;
    • pelaksanaan pembinaan pers;
    • pengkoordinasian pelaksanaan pemberitaan dan kehumasan Pemerintah Daerah;
    • pelaksanaan koordinasi dan konsultasi lingkup kehumasan;
    • pelaksanaan koordinasi teknis dengan perangkat daerah, DPRD, Pemerintah Provinsi dan Instansi terkait dalam pelayananan dan pengelolaan kehumasan;
    • pelaksanaan pelayanan ketatausahaan dan dokumentasi bagian;
    • pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;
    • evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas lingkup kehumasan;
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Top